klik untuk melihat
BAB I
PENDAHULUAN
A. Prinsip Utama
1. Administrasi sekolah harus praktis, dapat dilaksanakan (workkabel) sesuai dengan kondisi dan situasi nyata sekolah.
2. Administrasi sekolah harus berfungsi sebagai sumber informasi bagi peningkatan pengelolaan pendidikan dan proses belajar mengajar.
3. Administrasi sekolah harus dilaksanakan dengan suatu sistem dan mekanisme kerja yang menunjang terhadap realisasi pelaksanaan kurikulum.
B. Pengertian Administrasi
Administrasi ialah segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber baik personal maupun material secara efektif dan efesian guna menunjang tercapainya tujuan pendidikan secara optimal.
C. Ruang Lingkup
1. Secara makro administrasi pendidikan mencakup :
a. Pengajaran/kurikulum;
b. Kesiswaan;
c. Personalia;
d. Keuangan;
e. Peralatan pendidikan;
f. Gedung dan perlengkapan sekolah, serta
g. Hubungan kerjasama dengan masyarakat.
2. Bila dilihat dari proses kegiatan pengelolaan (management) maka administrasi pendidikan mencakup :
a. Kegiatan merencanakan (planning);
b. Kegiatan mengorganisasikan (organizing);
c. Kegiatan mengarahkan (direction);
d. Kegiatan mengkoordinasikan (coordinating);
e. Kegiatan mengawasi (controlling); dan
f. Kegiatan melaksanakan.
D. Peranan Pendidikan
Dalam pelaksanaan administrasi termasuk administrasi pendidikan maka perlu seorang pemimpin/administrator yang berpandangan luas dan berkemampuan baik dlihat dari segi pengetahuan,, keterampilan, maupun sikap.
E. Kritetria Administrator Pendidikan
1. Memiliki pengetahuan tentang administrasi pendidikan yang meliputi kegiatan :
a. Mengatur proses belajar mengajar;
b. Mengatur kesiswaan;
c. Mengatur personalia;
d. Mengatur alat pelajaran;
e. Mengatur gedung dan perlengkapan sekolah;
f. Mengatur keuangan sekolah; dan
g. Mengatur hubungan dengan masyarakat.
2. Memiliki keterampilan dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan untuk kegiatan yang ada dibawah tanggung jawabnya.
3. Memiliki sikap
a. Memahami kebijaksanaan yang telah digariskan oleh pemimpin Departemen Pendidikan.
b. Memahami peraturan-peraturan pelaksanaannya.
c. Menghargai cara berpikir yang rasional, demokratis, dinamis, kreatif dan terbuka terhadap pembaharuan pendidikan serta mau menerima kritik yang membangun; dan
d. Saling percaya mempercayai sebagai dasar keberhasilan penyelesaian dan pembagian tugas-tugas.
BAB II
TINJAUAN PERPUSTAKAAN
A. Petunjuk Pelaksanaan Administrasi dan Supervisi Depdikbur Tahun 1989
- Pelaksanaan administrasi pada sekolah
- Tugas dan fungsi administrasi
B. Petunjuk Pengelola Ketatausahaan Depdikbud 1997
- Pelaksanaan pembukuan arsip ketatausahaan
- Pengelolaan administrasi dan mekanisme aministrasi
tutup kembali
Posting Komentar